Cara Melunakkan Daging



Cara melunakan daging kali ini membahas tentang sisi lain kehidupan sehari-hari di dapur. Tips melunakan daging berikut tidak terbatas untuk daging kambing, tetapi dapat sahabat lakukan untuk berbagai jenis daging dengan serat tebal yang lain, seperti melunakan daging sapi, daging ayam jago yang sudah tua, atau daging mentok (itik manila). Untuk yang terakhir saya sebutkan, di daerah saya biasa dimasak sebagai menu istimewa; yang diawali dengan merebus daging mentok jantan dengan air saja secara berjam-jam agar dagingnya lebih lunak bin empuk, kemudian ditiriskan untuk selanjutnya di proses dengan bumbu khas dan setelah matang biasa dikenal dengan masakan rica-rica.

Cara melunakan daging ini merupakan resep rahasia, yang pertama kali terdengar di telinga beberapa tahun yang lalu dari bekas teman kost yang membuka usaha daging panggang dan sate warisan orang tuanya.

Cara yang digunakan adalah cara tradisional dan sangat mudah untuk mendapatkan bahan dan mempraktekannya, yaitu menggunakan getah pepaya yang masih hijau, berikut ini cara melunakan daging :

1. Cuci daging dan buah pepaya muda dengan bersih
Daging ayam atau daging kambing dan daging yang hendak dimasak harap cuci dengan bersih. Demikian juga buah pepaya yang sangat muda, harus dicuci sebelum dipotong, kebersihan sebagian dari iman.. he he he..


2. Untuk daging panggang, oleskan getah pepaya pada daging yang hendak dipanggang, takarannya untuk satu ons daging kambing, iris buah pepaya yang masih hijau kemudian cukup satu ruas ibu jari dan oleskan merata getahnya ke bagian yang hendak dipanggang. Kalau anda ingin lebih cepat empuk, tinggal anda potong lagi buah pepaya hijau sebesar ibu jari lagi.

3. Melunakan daging rebus
Dalam memasak daging itik manila sebagai menu rica-rica, proses yang menguras waktu paling lama adalah pada saat  merebus daging agar empuk, dalam standar menggunakan kompor tradisional (kayu bakar) kadang bisa mencapai satu jam. wow!
Untuk melunakan daging rebus, tinggal sahabat tambahkan potongan kecil pepaya hijau sebesar ibu jari untuk daging seberat lima ons, anda bisa coba mengecek  menjelang airnya mendidih. Kalau dirasa masih kurang lunak anda boleh saja menambahkan potongan pepaya muda secukupnya, sebaiknya jangan terlalu banyak karena dapat menimbulkan efek daging menjadi hancur seperti bubur.


Cara Melunakan Daging |  trik melunakkan ayam kampung tradisional tips merebus daging sapi membuat dagingsapi empuk cara jitu melunakkan daging sapi cara buat daging cepet lunak cara alami bikin daging empuk cara agar masak daging empuk bagaimana membuat daging sapi empuk ayam agar daging sapi cepat lunak agar daging ayam empuk

4.  Untuk melunakan daging kambing sebagai sate
Oleskan getah pepaya sepanjang tusuk sate yang telah anda buat, kemudian tusukan potongan dagingnya satu persatu. Untuk sate ayam, sate itik atau sate lainnya juga boleh Cara Melunakan Daging |  trik melunakkan ayam kampung tradisional tips merebus daging sapi membuat dagingsapi empuk cara jitu melunakkan daging sapi cara buat daging cepet lunak cara alami bikin daging empuk cara agar masak daging empuk bagaimana membuat daging sapi empuk ayam agar daging sapi cepat lunak agar daging ayam empuk


Jika anda seorang cowok dan tidak paham bagaimana tentang serba serbi dapur,  saya maklum banget kawan.  Namun kalau anda cewek dan tidak bisa memasak?  hmmm.. masih ada waktu untuk kembali ke jalan terang Cara Melunakan Daging |  trik melunakkan ayam kampung tradisional tips merebus daging sapi membuat dagingsapi empuk cara jitu melunakkan daging sapi cara buat daging cepet lunak cara alami bikin daging empuk cara agar masak daging empuk bagaimana membuat daging sapi empuk ayam agar daging sapi cepat lunak agar daging ayam empuk , masalahnya admin blog ini cowok tulen, dan memasak bukanlah hal yang asing lagi. (ka)

2 komentar:

In Nani mengatakan...

oke bnget,,, makasih yaa

respati handayani mengatakan...

Makasih buangetyytt