Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Yang Berkerak



Membersihkan lantai kamar mandi keramik atau wastafel yang berkerak memang pekerjaan yang menjengkelkan. Sebenarnya kotoran atau kerak dari akumulasi kotoran tersebut tidak akan muncul apabila secara berkala Anda membersihkannya (jika di bersihkan secara rutin), misalnya seminggu sekali dibersihkan.

Tetapi jika sudah terlalu lama maka akan sulit sekali untuk dibersihkan dan memerlukan tenaga ekstra untuk membersihkannya. Sebenarnya ada jasa pembersihan lantai kamar mandi yang biasa melakukan pekerjaan tersebut. Namun jika Anda memiliki cukup waktu maka cobalah membersihkannya sendiri dengan cara yang sangat sederhana.

Adapun alat yang diperlukan antara lain :

• Sikat lantai dari plastic
• Sikat gigi bekas
• Kertas amplas yang halus ( amplas duco )
• Batu apung
• Cairan pembersih Porstex ( botol biru )
• Kain lap ( agak banyak )
• Pilox clear


Langkah pertama
Menyikat dengan sikat lantai seluruh permukaan dan siramlah dengan air, tujuannya untuk membersihkan kotoran sekaligus melihat apakah kotoran yang melekat sudah dapat hilang tanpa cairan kimia pembersih. Bagian bagian berlekuk bisa disikat dengan sikat gigi bekas.

Kemudian sisa yang masih kotor dapat disiram dengan cairan porstek. Caranya dengan menggunakan kuas olesilah permukaan lantai yang kotor hingga merata menggunakan cairan porstex. Kemudian diamkanlah selama 10 s/d 15 menit

Setelah antara 10 s/d 15 menit, sikatlah dengan sikat lantai. Ini untuk menlihat apakah jenis kotoran yang tak bisa dibersihkan dengan porstex masih ada. Bilas dengan air yang banyak

Untuk kotoran yang membandel maka tahap berikutnya adalah menggunakan batu apung atau amplas halus untuk menggosoknya. Ada kelemahan dari pemakaian metode ini, yaitu akan merusak pelapis keramik. Oleh karena itu pergunakan amplas dan batu apung hanya untuk kotoran membandel dan jangan terlalu keras menggosoknya agar tidak merusak keramik kamar mandi. Setelah bersih siram kembali dengan air yang banyak.

Berikutnya lakukan pengeringan : keringkanlah lantai kamar mandi dengan lap sehingga benar benar kering.

Lanjutkan dengan cara Semprotlah semua permukaan dengan menggunakan pilox clear untuk membuat pelapis sederhana sebagai pengganti pelapis permukaan keramik yang sesungguhnya.

Maka bersihkan kotoran secara berkala sebelum berakumulasi dan berkerak.

• S e l a m a t M e n c o b a


Sumber : http://www.renovasi-rumah.com

0 komentar: