Cara Mengetahui Madu Asli atau Bukan


Cara Mengetahui Madu Asli atau Bukan - Hampir seluruh masyarakat sudah mengetahui manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi madu. Madu bisa digunakan sebagai asupan atau pengobatan alternative mulai dari masalah penurunan stamina badan sampai dengan masalah kesehatan yang berat seperti penyakit kencing manis atau penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol. Saat ini banyak jenis madu yang beredar dan dijual secara bebas di masyarakat, mulai dari madu jenis local sampai madu impor yang dijual dengan harga yang mahal. Tidak semua madu yang dijual dipasaran merupakan madu murni, banyak produk madu yang dipalsukan hanya untuk mengeruk keuntungan yang banyak. Berikut ini cara mengetahui madu asli atau kualitas madu yang dijual dipasaran secara sederhana untuk menghindari penipuan yang biasa dilakukan oleh penjual.

Dari sekian banyak madu yang dijual di pasaran, madu dengan kandungan air yang sedikit merupakan madu yang mempunyai kualitas baik. Karena madu ini adalah madu asli yang didapatkan dari sarang lebah tanpa diberi campuran apapun. Untuk mengetahui madu yang terjamin keaslian dan kualitasnya, cara yang paling valid adalah dengan melakukan tes laboratorium. Namun kita bisa mengetahui kualitas madu dengan beberapa cara sederhana berikut ini :

Cara Pertama
Taruh 1 sendok makan madu kedalam cawan putih atau jernih. Lalu campurkan air secukupnya kedalam madu tersebut. Goyang-goyang campuran antara madu dan air tersebut sekitar 40 detik hingga satu menit. Jika madu tersebut adalah asli maka setelah digoyang-goyang di campuran tadi akan terbentuk struktur rumah lebah.

Cara Kedua
Ambil segelas air putih, lalu teteskan satu tetes madu kedalam segelas air putih tadi. Madu yang asli akan jatuh langsung kedasar gelas tanpa berpendar dan akan tetap kelihatan solid atau mengumpul.

Cara Ketiga
Cara ketiga untuk mengetahui keaslian dan kualitas dari madu adalah dengan cara dibakar. Pertama – tama ambil sendok dan isi sendok dengan madu. Jumlah dari madu didalam sendok cukup setengah sendok. Kemudian panaskan diatas lilin. Madu yang asli akan meluber akibat terkena panas dan akan tumpah.

Cara Keempat
Cara keempat ini sangat sederhana sekali, sediakan kertas Koran secukupnya. Kemudian teteskan madu diatas kertas koran. Jika madu tersebut adalah asli, maka madu tidak akan langsung merembes di kertas koran karena tidak mengandung air.

Demikian cara mengetahui madu asli atau kualitas madu secara sederhana semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

1 komentar:

Arif Setiawan mengatakan...

trimakasih tips.a, bgus bgt, cma no 4 perlu di koreksi.tq