Cara Menanam Bunga Melati Dalam Pot



Cara Menanam Bunga Melati. Suka dengan bunga melati? Bunga yang harum baunya yang merupakan bunga hias dengan pohon perdu berbatang tegak yang bisa hidup tahunan. Sampai sampai melati putih dijadikan sebagai symbol nasional karena dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

Mungkin anda tertarik untuk membudidayakannya? Adapun cara menanam bunga dibawah ini adalah tidak hanya terbatas pada pohon melati saja, tetapi bisa diterapkan pada cara menanam bunga yang lain, contohnya: bunga rose, atau bunga bunga yang lainnya.

Nah dibawah ini adalah tata cara menanam bunga melati di dalam pot.:

 
Yang pertama harus kita sediakan adalah media tanam

 1. Siapkan batu merah ( pecahan pecahan ) yang dimaksudkan untuk mengikat air di dasar  pot.
 
  • Campuran umum; pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian dan 1/3 bagian pupuk kandang
  • Campuran untuk jenis kering; pasir ½  bagian, dan ½ bagian pupuk kandang
  • Campuran untuk jenis lembab; adalah ½ tanah dan ½ pupuk kandang.
2. Kemudian tahap selanjutnya adalah cara menanam melati dalam pot, dalam hal ini dibutuhkan ketelitian dan ketekunan.
 

Agar bunga melati dapat tumbuh dengan baik, ikutilah tahapan cara berikut ini dengan seksama :
  1. Pilihlah pot tananam dan media tumbuh sesuai dengan tanaman yang akan kita potkan. Pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakan. bila pot dan media sudah dipersiapkan pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup. Pilihlah plastik polybag tempat bibit melati dan disobek dengan hati-hati agar tidak merusak akar, kemudian simpan bibit di tengah tengah pot kemudian timbun bibit dengan campuran tanah dan pupuk kandang.
  2. Isikan media kurang lebih 1/3 bagian potnya. kemudian masukan, usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada, agar tanaman tidak mengalami stress saat berpindah  dan beradaptasi dengan tempat atau media baru.
  3. Usahakan tambahkan lagi media tanam, tekan media perlahan lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. pot jangan disi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah ketika melakukan penyiraman.
  4. Setelah tanaman dipotkan, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakan pada tempat yang diinginkan, tapi diusahan simpan dulu ditempat yang lembab tapi ada sinar matahari selama beberapa hari untuk mempercepat pertumubuhan.

0 komentar: