Tips Atasi Mabuk Kendaraan Pada Anak



Tips Atasi Mabuk Kendaraan Pada Anak - Jangankan anak-anak, orang tua pun kadang merasakan mual dan pusing saat melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, perlu berbagai upaya agar bisa mengantisipasi hal tersebut sehingga perjalanan yang dilakukan terasa nyaman dan menyenangkan.

Bagi orang tua, hal tersebut mungkin bisa diantisipasi lebih dini dengan meminum obat tolak angin serta anti mabuk. Namun, untuk anak hal tersebut akan sulit karena tidak sedikit anak yang tidak mau minum obat obatan tersebut. Dan walaupun sudah meminumnya tetap saja anak mengalami mabuk kendaraan.

Jika terlanjur mabuk kendaraan, maka artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi mabuk kendaraan pada anak, antara lain dengan melakukan beberapa upaya berikut ini :

1. Pilihlah jalur jalan yang lurus dan lancar
Jalan yang berkelok kelok akan membuat isi perut terkocok, hal ini akan menyebabkan mual pada anak. Selain itu, jalan yang kurang lancar atau macet membuat kendaraan sering berhenti dan penumpangnya sering berayun ke depan saat berhenti. Dua hal inilah yang membuat perut menjadi mual dan kepala menjadi pusing, sehingga anak mengalami mabuk kendaraan. Solusinya, kalau bisa pilihlah rute atau jalur yang lurus serta trafiknya lancar.


2. Pilih waktu yang tepat sebelum memulai perjalanan.
Pemilihan waktu perjalanan yang tepat akan bisa mengatasi mabuk kendaraan pada anak. Waktu yang paling baik untuk memulai perjalanan adalah waktu tidur siang anak. Saat itu anak akan tertidur selama perjalanan, dan membuatnya tidak terlalu menghiraukan kondisi perjalanan.

3. Siapkan cemilan
Jangan biasakan memberi makan anak terlalu kenyang sebelum keberangkatan. Berikan secukupnya saja, dan untuk mengantisipasi rasa lapar di perjalanan, siapkan saja cemilan atau soft drink.

4. Berikan akses melihat pemandangan luar

Tempat duduk yang pas serta jendela kendaraan yang jelas akan membuatnya mempunyai akses lebih untuk melihat lihat pemandangan luar, seperti pohon, banner, billboard dan hal lainnya di tepi jalan. Pemandangan tersebut bisa membuatnya lebih menikmati perjalanan.

5. Berikan udara segar
Udara segar sangat ramah dengan keadaan perut bayi dan anak, karena itu buka sedikit bagian kaca jendela untuk membiarkan udara masuk. Jangan pernah merokok, menggunakan wangi-wangian yang terlalu menyengat dalam mobil, karena hal itu akan mengganggu pernafasan anak Anda.

Demikianlah beberapa cara mengatasi mabuk kendaraan pada anak. Semoga dengan tips ini perjalanan Anda akan lebih menyenangkan dan Anda pun bisa mengatasi mabuk kendaraan pada anak.

1 komentar:

Bondan Setiawan mengatakan...

Mantap gan. Sangat membantu.
Regard, Modifikasi Vixion.