Cara Menonton Televisi Yang Baik dan Sehat



Cara Menonton Televisi yang Baik dan Sehat - Televisi merupakan alat elektronik yang hampir di dapat kita jumpai di setiap rumah. Televisi juga merupakan sarana hiburan yang sangat murah dan mudah. Tetapi tahukah Anda bahwa televisi juga berdampak buruk pada kesehatan kita. Nahh Tips berikut ini ditujukan kepada mereka yang peduli dengan kesehatan mata:

1. Menontonlah dari jarak yang aman. Jarak menonton televisi yang ideal adalah lima kali diagonal layar televisi. Misal, ukuran diagonal televisi adalah 21 inci maka jarak amannya = 5 x 21 inci yaitu 105 inci atau 2,56 meter. Jadi, semakin besar ukuran diagonal layar televisi, maka jarak pandang terdekatnya bertambah jauh. Jarak pandang ini membuat mata menjadi relaks, lensa mata tidak perlu bekerja keras menangkap gambar. Bila lensa mata terus menerus bekerja keras, lensa mata menjadi cembung sehingga lama kelamaan Anda membutuhkan kacamata.

2. Berkediplah sesering mungkin saat menonton TV untuk menghindari dry eye (mata kering). Ketika berkedip, kelenjar yang berada di kelopak mata akan memproduksi air mata yang penting untuk melindungi mata dan membuat mata tidak kering.

3. Menontonlah di ruangan yang terang, minimal sama terangnya dengan cahaya yang keluar dari televisi. Jangan membuat ruangan menjadi redup atau gelap karena pupil anda akan memaksa untuk membesar dan akibatnya mata Anda akan menjadi cembung.

4. Jangan menonton TV dengan posisi tiduran. Posisi tubuh miring mempengaruhi posisi mata yang tidak fokus ke arah televisi, sehingga akan mengalami kerusakan mata pada jangka panjang.


Semoga bermanfaat

0 komentar: