Cara Mengatasi Anak Malas Berangkat Ke Sekolah



Caradantips.com - Ada kemungkinan ketika pagi telah tiba, seorang anak akan malas untuk pergi berangkat sekolah. Bila hal itu terjadi hanya sesekali saja, tentu tidak akan menjadi masalah. Namun apabila hal tersebut terjadi secara berulang-ulang, maka tentunya akan berdampak buruk bagi keberlangsungan pendidikan anak bersangkutan.

Bila hal tersebut terjadi, maka kerap kali orang tua melakukan berbagai cara pendekatan supaya anaknya mau pergi ke sekolah, baik berupa cara memberikan iming-iming pemberian hadiah, dan bahkan ada juga yang memberikan hukuman kepada anak tersebut. Cara itu memang terbukti efektif, namun cara seperti ini kemungkinan tidak akan memberikan kesadaran kepada anak tentang arti pentingnya sekolah.

Keadaan rasa malas memang kerap muncul bagi seorang anak untuk pergi kesekolah. Namun dalam hal ini, hal terpenting yang harus dilakukan oleh para orangtua adalah supaya tidak langsung memarahi atau menghukum si anak. Tetapi upayakanlah terlebih dahulu untuk mencari tahu penyebab utama ketika anak Anda malas untuk berangkat ke sekolah.

Secara umum ada beberapa penyebab yang membuat anak jadi malas pergi kesekolah. Berbagai penyebab tersebut diantaranya adalah situsi sekolah yang kurang menyenangkan bagi sang anak, keinginan anak untuk mendapatkan perhatian lebih dari orang tua di rumah, ingin bermain game atau nonton televisi, jarak sekolah yang terlalu jauh, dan juga alasan-alasan lain sebagainya.

Setelah mengetahui akar permasalahan yang mengakibatkan anak menjadi malas sekolah, maka selanjutnya perlu langkah-langkah tepat dilakukan orang tua untuk mengatasinya. Namun selain dari pada itu, cara mengatasi anak malas sekolah juga dapat dilakukan dengan berbagai tips yang diperoleh dari berbagai sumber berikut ini:

1. Memperhatikan sekolah anak
Penyebab utama yang menjadikan anak menjadi malas pergi sekolah adalah karena sang anak ingin mendapatkan perhatian lebih dari orang tua. Dalam hal ini, Anda harus memberikan perhatian dan bimbingan belajar pada sang anak. Dengan demikian, maka si anak akan merasa diperhatikan dan sekaligus mendidik anak untuk berpikir bahwa sekolah bukanlah merupakan beban, tetapi mereka dapat berangkat kesekolah dengan hati yang gembira.

2. Menumbuhkan rasa percaya diri anak
Ada kemungkinan seorang anak menjadi malas pergi sekolah lantaran mendapatkan ketidaknyamanan di lingkungan sekolahnya. Misalnya dia mendapatkan ejekan dari teman-temannya. Dalam hal ini, maka sebagai orang tua Anda sebisa mungkin harus menumbuhkan rasa percaya dirinya. Katakan kepada si anak bahwa dirinya harus mensyukuri atas apa yang dia miliki dan tidak perlu merasa minder. Selain itu orang tua juga harus memberitahukan kelebihan-kelebihan yang dimiliki si anak. Tapi apabila ejekan masih terus diterima si anak, maka cobalah laporkan hal tersebut kepada pihak sekolah demi kenyamanan anak Anda untuk menimba ilmu di sekolahnya.

3. Mengatur jam tidur anak
Mengatur jam tidur anak agar tidak larut malam adalah hal yang juga perlu Anda perhatikan. Bila seorang anak sering tidur larut, maka kemungkinan dia akan merasa lesu ketika bangun pagi, dan hal tersebut akan membuat dirinya menjadi malas bangun pagi. Dalam hal ini biasakanlah agar si anak tidur cepat pada malam hari. Usahakan juga agar dirinya sudah tidur pada pukul 9 malam.

Demikianlah berbagai cara mengatasi anak malas pergi sekolah yang dapat kami sampaikan kepada Anda.


Semoga informasi yang kami sampaikan kiranya bermanfaat...

0 komentar: