Tips Cara Cepat Menghilangkan Rasa Lelah Dengan Cepat



Caradantips.com -  Rasa lelah memang sangat tidak kita inginkan di saat pekerjaan kita masih sangat banyak dan segera kita selesaikan. Tapi apa daya yang namanya lelah ya tetap akan mendera tubuh kita. Nahhh caradantips.com kali ini akan membahas tentang itu.

Beberapa Penyebab Rasa Lelah diantaranya:

1. Tidak Cukup Tidur
Umumnya orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam sehari untuk tidur. Apabila Anda mengantuk berat saat beraktivitas, bisa jadi karena kualitas dan kuantitas tidur Anda menurun. Hati-hati, karena kurang tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan dan konsentrasi Anda.

2. Kekurangan Energi
Makan yang terlalu sedikit menyebabkan tubuh kelelahan, tetapi menyantap makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Diet seimbang membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam rentang normal dan mencegah rasa lelah ketika gula darah Anda menurun.

3. Anemia
Anemia merupakan penyebab utama kelelahan pada wanita. Mengeluarkan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Sel-sel darah merah sangat diperlukan tubuh karena mereka membawa oksigen ke jaringan dan organ.

4. Depresi
Salah satu gejala fisik yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Jika Anda tetap merasa lelah dan murung selama lebih dari dua minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

5. Kebanyakan kafein
Mengonsumsi kafein dalam dosis wajar dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kejang. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.

6. Dehidrasi
Kelelahan bisa jadi tanda Anda terkena dehidrasi. Meskipun Anda bekerja di luar atau berkutat di atas meja, tubuh tetap membutuhkan air untuk bekerja dengan baik dan tetap tenang.

7. Kerja "Shift"
Bekerja malam atau melakukan kerja shift dapat mengganggu jam tidur Anda. Anda mungkin merasa lelah ketika harus terjaga. Dan, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur di siang hari.

8. Penyakit Jantung
Ketika Anda merasa kelelahan akibat kegiatan rutin, seperti membersihkan rumah atau menyiangi halaman, bisa jadi itu pertanda jantung tidak bekerja dengan baik. Jika ternyata kegiatan sehari-hari yang mudah pun semakin sulit untuk dilakukan, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

9. Diabetes
Penderita diabetes memiliki kadar gula darah tinggi, tetapi gula darah ini tetap berada dalam aliran darah dan tidak masuk ke dalam sel-sel sehingga tidak dapat diubah menjadi energi.

Lalu bagaimana cara meningkatkan stamina agar Anda tidak mudah lelah? Bagaimana Cara menghilangkan lelah?

Simak Tips Cara Mengatasi dan Menghilangkan Rasa Lelah berikut ini :

1. Jika menginginkan tenaga tambahan setiap hari, jaga pola makan Anda.

- Minum banyak air. Tubuh yang kekurangan cairan, kurang berfungsi dengan baik.

- Hati-hati terhadap kafein. Minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola mungkin bisa meningkatkan energi, namun pemakaian yang berlebihan akan mendatangkan masalah dan menurunkan kinerja fisik Anda.

- Selalu sarapan pagi. Sisa energi dari hasil makan malam tak akan mencukupi kebutuhan energi sampai siang.

- Konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Wanita lebih beresiko terkena anemia.

2. Penyebab umum kelelahan adalah kurang tidur atau tidur Anda tidak berkualitas.

- Tidur yang cukup.
- Batasi kafein. Minuman berkafein, terutama saat malam, bisa membuat insomnia.
- Belajar relaks. Jangan memikirkan masalah pekerjaan sebelum tidur, tapi pikirkan hal yang menyenangkan Anda, kalau perlu bermeditasilah.
- Hindari pil tidur. Apakah Anda sering mengantuk seusai makan siang? Penyebab utamanya adalah utang tidur. Tubuh masih memiliki hak untuk tidur yang tidak akan Anda berikan, dan mungkin Anda pikir bisa digantikan dengan secangkir kopi. Dr.William Dement dari Stanford University Amerika Serikat yang dijuluki Bapak Tidur menyatakan, utang tidur itu harus dilunasi dengan tidur ekstra. Kalau tidak, tubuh tetap akan merasa lelah dan mengantuk.

3. Gaya hidup tidak sehat membuat tubuh tidak berfungsi optimal. 

Jangan merokok. Karbon monoksida dari asap rokok mengurangi jumlah oksigen yang ada dalam darah. Jadi kaum perokok akan kurang energik dibandingkan nonperokok. Tingkatkan aktivitas fisik.
Olahraga akan mengurangi tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan memudahkan Anda tidur nyenyak.

4. Faktor psikologis sering menjadi penyebab kelelahan
- Cara menempatkan diri. Seberapa sering Anda menempatkan diri sendiri dalam stres yang sebetulnya bisa Anda hindari. Apakah ada masalah yang mungkin menjadi penyebab kecemasan dan depresi yang berlarut-larut. Mungkin perlu berkonsultasi dengan ahli jiwa.

- Berlatih relaksasi dan bersantai belajar teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga.
Kehidupan modern melelahkan, jadi cobalah bersantai di akhir pekan. (Human Health)

0 komentar: